Peningkatan Obesitas Selama Kehamilan – Apa Kata Pakar Kesehatan

Sebuah rilis baru-baru ini dari Institut Kesehatan dan Keunggulan Klinis Nasional Inggris (NICE) mengatakan bahwa sekitar setengah dari wanita usia subur mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Dalam pedoman baru untuk dokter dan bidan, wanita memerlukan informasi yang dapat dipercaya tentang cara mengelola berat badan mereka karena risiko kesehatan serius yang dihadapi wanita gemuk dan bayinya.

Tujuan dari pedoman baru ini adalah untuk memungkinkan para profesional kesehatan membantu wanita memiliki kehamilan yang sehat karena ada lebih banyak risiko yang terkait dengan kehamilan pada wanita yang memiliki Indeks Massa Tubuh lebih dari 30 ketika mereka hamil, kata direktur NICE, Mike Kelly.

Pedoman tersebut juga menyarankan bahwa  klinik usg di bekasi wanita yang mengalami obesitas sebelum hamil harus didorong untuk menurunkan berat badan bahkan sebelum mereka hamil.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa ada banyak manfaat bagi wanita hamil yang obesitas jika mereka berolahraga secara moderat dan tidak menambah berat badan atau bahkan kehilangan beberapa kilogram selama kehamilan. Kepercayaan populer di masa lalu adalah bahwa kehamilan bukanlah waktu untuk memulai program olahraga dan bahwa wanita hamil harus “santai” karena wanita “makan untuk dua orang” selama kehamilan. Tapi hari ini, kepercayaan itu telah berubah.

Pakar kesehatan Inggris mengatakan “makan untuk dua orang” bukanlah alasan untuk menjadi gemuk selama kehamilan. Pedoman tersebut secara khusus menyarankan wanita untuk menjauhi makanan yang digoreng dan manisan dan memperhatikan porsi ukuran bahkan jika mereka mendambakan untuk melakukan sebaliknya.

Menurut pedoman, “profesional kesehatan harus mendorong wanita untuk memeriksa berat badan dan ukuran pinggang mereka secara berkala atau sebagai alternatif, periksa kecocokan pakaian mereka”.

Wanita yang berolahraga dan tidak menambah berat badan memiliki bayi dengan berat badan normal, sedangkan wanita gemuk yang menambah berat badan selama kehamilan menghadapi risiko hipertensi, diabetes, asma, dan risiko kesehatan lainnya pada bayinya.

Oleh karena itu, para ahli kesehatan merekomendasikan diet sehat bersama dengan olahraga. Kunjungi Ahli Diet Terdaftar untuk mempelajari cara makan selama kehamilan.

Kesimpulannya, wanita gemuk disarankan untuk menurunkan berat badan dan mulai berolahraga dengan baik sebelum mereka hamil. Tetapi jika Anda mengalami obesitas dan hamil, bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga. Pastikan bahwa Anda mengunjungi dokter Anda secara teratur untuk memungkinkan dia memantau kemajuan Anda. Kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda sangat penting. Olahraga ringan sangat bermanfaat bagi Anda dan bayi Anda; tetapi selalu putuskan dengan dokter Anda sebelum Anda memulai program latihan.