Saya Memenangkan Lotere! Atau mungkin tidak

Aku pasti orang paling beruntung yang masih hidup. Dalam tiga hari terakhir saya mengetahui bahwa saya memenangkan 1,5 Juta Euro dalam lotere Inggris, Satu Juta Euro dalam Lotere Internasional Winx, 1,5 Juta Euro dalam Lotere E-Mail 2007, dan 500.000 Pounds dalam lotre email yang diadakan oleh Perusahaan Coca Cola. Wow! Apa yang saya lakukan untuk menerima semua kekayaan ini?

Kebenaran yang menyedihkan adalah sebenarnya ada orang yang jatuh untuk skema ini. Demi janji uang cepat (atau jutaan Euro tergantung kasusnya), orang akan menyerahkan nomor rekening bank mereka, mengirim uang dengan harapan mendapatkan lebih banyak kembali, atau memberikan informasi lain yang dapat mengarah pada pencurian identitas.

Skema lotere dan undian ini telah berlangsung jauh sebelum internet, dengan salah satu yang tertua adalah undian palsu yang memerlukan biaya masuk untuk mengklaim hadiah Anda, yang berjumlah lebih dari nilai “hadiah”. Variasi lain dari skema itu adalah mengharuskan calon “pemenang” untuk menelepon nomor tertentu untuk mengetahui apakah dia adalah pemenang. Panggilan telepon itu membebani calon “pemenang” dalam jumlah tertentu per  pengeluaran hk menit dengan waktu tunggu yang sangat lama. Pemenang sebenarnya adalah perusahaan penipu yang menghasilkan uang dari panggilan telepon.

Pencuri saat ini memiliki banyak pilihan mekanisme pengiriman penipuan, termasuk secara langsung, surat, telepon, dan internet. Namun, hal yang sama berlaku tidak peduli bagaimana penipuan disampaikan: jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, memang demikian.

Bagaimana Anda Dapat Mengenali Penipuan Lotre atau Undian?

Pasti ada penawaran lotere dan undian yang sah. Siapa yang belum membeli tiket lotere negara bagian atau multi-negara bagian dari pengecer lotere lokal mereka? Atau, siapa yang tidak pernah melihat salah satu undian yang ditawarkan oleh perusahaan ternama yang diiklankan di bagian kupon surat kabar Sunday? Anda mengisi formulir entri atau faksimili yang wajar (biasanya kartu 3″x5″) dengan nama dan alamat Anda dan mengirimkannya.

Di situlah petunjuk terbesar Anda tentang apakah Anda adalah korban penipuan. Dalam lotere atau undian yang sah, Anda telah membeli tiket atau memasukkan nama dan alamat Anda. Dalam lotere penipuan atau undian, Anda diberitahu bahwa Anda telah menang ketika Anda bahkan belum masuk atau membeli tiket.

Selain itu, ilegal menggunakan surat atau telepon untuk bermain lotre lintas batas, baik batas nasional maupun negara bagian. Tawaran lotere apa pun yang melibatkan pembelian tiket lotre untuk lotere negara bagian atau negara lain dapat mengakibatkan Anda dikenai tuduhan aktivitas ilegal.

Salah satu taktik yang digunakan oleh scammer asing yang melibatkan lotere atau undian adalah menawarkan “uang muka” pada kemenangan Anda. Artis scam akan mengirimi Anda cek untuk bagian dari “kemenangan” Anda. Yang harus Anda lakukan hanyalah mentransfer pembayaran untuk “pajak” atau tujuan resmi lainnya. Pada saat Anda mengetahui cek mereka telah memantul, uang yang Anda transfer sudah ada di tangan mereka. Dan, karena kabel, lebih sulit untuk dilacak.

Penipu lotere tidak selalu menggunakan email atau telepon. Terkadang mereka melakukan pekerjaan kotor mereka secara langsung. Tipikal scam akan seperti ini: Anda didekati secara langsung oleh seseorang yang mengklaim bahwa dia baru saja memenangkan lotre tetapi tidak memenuhi syarat untuk mengklaimnya. Mereka menawarkan untuk membagi uang dengan Anda jika Anda mengklaim hadiahnya. Kedengarannya bagus, bukan? Kecuali bahwa sebelum Anda mengklaim hadiah dari pengecer lotere, Anda diminta untuk menarik sejumlah uang dari akun Anda dan memberikannya kepada pemegang tiket sebagai isyarat niat baik. Pada saat Anda mengetahui bahwa Anda memegang tiket lotre yang tidak menang, pencuri itu sudah lama pergi dengan uang itikad baik Anda.